Sunday 29 January 2012

Symantec: Lima Juta Perangkat Android Terkena Virus Counterclank

Symantec baru baru ini membuat sebuah laporan yang menyatakan bahwa jumlah perangkat Android yang telah terinfeksi kini sudah mencapai 5 juta unit. Jenis virus yang paling banyak menyerang adalah Counterclank. Program jahat ini memiliki kemampuan untuk mengunduh file khusus, dan mengirimkan informasi korbannya kepada sang pemilik virus tanpa diketahui.
Dalam situs resminya, Symantec  menyatakan bahwa Counterclank menyerang melalui aplikasi yang dibuat oleh tiga developer berbeda yakni, iApps 7 inc, Ogre Games, dan redmicapps. Sebenarnya virus ini bukanlah jenis baru, ini merupakan pengembangan dari virus Tonclank yang sudah terdeteksi Juni 2011 lalu dengan modus penyerangan serupa.
Counterclank saat ini masih ada di beberapa game dan aplikasi di Android market. Belum diketahui secara pasti berapa jumlah perangkat yang telah terinfeksi, namum jumlahnya tidak kurang dari lima juta unit.
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

SYMANTEC: Pengguna Harus Nonaktifkan “pcAnywhere” untuk Mencegah Serangan Virus

Akhir-akhir ini beredar rumor tentang pencurian source code milik perusahaan yang bergerak di bidang produksi sistem keamanan yaitu Symantec oleh kelompok hacker. Menghadapi hal ini, Symantec sepertinya tidak ingin mengambil resiko, sebuah langkah antisipasi mungkin harus segera di ambil untuk membuktikan konsistensinya dalam memberikan layanan keamanan kepada konsumennya. Langkah antisipasi ini di wujudkan dengan memberikan rekomendasi keamanan kepada para penggunanya untuk menonaktifkan produk pcAnywhere untuk mencegah kemungkinan serangan hingga Symantec merilis sebuah patch yang saat ini sedang dalam proses pembuatan.
Symantec menegaskan bahwa produk-produknya pada era 2006 yang kemungkinan telah di eksploitasi oleh hacker adalah Norton Antivirus Corporate Edition, Norton Internet Security, Norton SystemWorks, yang meliputi Norton Utilities dan Norton GoBack, dan pcAnywhere, yaitu  sebuah software yang memungkinkan komunikasi langsung PC-ke-PC.
Sebuah analisis rinci yang dilakukan oleh Symantec mengungkapkan bahwa sebagian besar konsumen tidak akan terkena dampak dari ancaman serangan karena source code yang dicuri adalah source code dari produk lama tahun 2006.
Khusus bagi para pengguna produk pcAnywhere mungkin perlu khawatir dengan keadaan ini, terutama bagi mereka yang menggunakan edisi 12.0, 12.1, 12.5 dan versi-versi sebelumnya. PcAnywhere adalah produk dari Symantec yang dibundel dengan berbagai produk lainnya seperti solusi berbasis Altiris dan produk untuk system backup dan keamanan.
Pengguna yang bergantung pada versi pcAnywhere yang disebutkan diatas tadi kemungkinan besar dapat di ekspose karena adanya kerentanan pada pengkodean dan elemen enkripsi dalam aplikasi ini yang memungkinkan cybercriminal untuk melakukan serangan man-in-the-middle tergantung pada konfigurasi  yang ada.
Saat ini Symantec merekomendasikan untuk menonaktifkan produk-produk tersebut hingga dikeluarkannya patch akhir untuk pembaruan perangkat lunak yang akan mengatasi kerentanan-kerentanan yang saat ini mungkin terjadi. Symantec juga memberikan rekomendasi kepada konsumennya untuk melakukan praktek keamanan sesuai dengan petunjuk umum yang disarankan dalam produk.
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

Moneual Rydis H800, Robot Penjernih Udara Dengan Sensor Gyro Dan PSD

Salah satu kelemahan beberapa penjernih udara yang ada saat ini adalah jangkauannya yang hanya bisa menjangkau beberapa meter persegi saja, atau dengan kata lain tidak bisa menjernihkan udara secara maksimal di ruangan yang terlalu luas.
Namun, dengan menggunakan Moneual Rydis H800, dijamin anda bisa menjernihkan udara di seluruh ruangan rumah anda. Moneual Rydis H800 adalah sebuah robot air purifier pertama di dunia yang dapat menjernihkan udara di seluruh ruangan karena Moneual Rydis H800 bekerja dengan cara berkeliling rumah secara otomatis.
Untuk lebih memaksmalkan kinerja robot ini, Pengguna bisa mengatur kecepatannya. Robot ini dilengkapi dengan roda untuk berjalan, jadi kalau ada ruangan yang tidak rata atau susah untuk dilalui oleh robot ini, anda terpaksa harus memindahkannya secara manual.
Moneual Rydis H800 telah dilengkapi dengan docking untuk isi ulang, sensor gyro dan PSD untuk menghindari tabrakan dengan benda sekitar saat sedang berkeliling.



Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

Kontes Robot Di Universitas Hasanuddin Makasar

Himpunan Mahasiswa Teknik ELektro Universitas Hasanuddin kembali mengadakan acara lomba robot. Sebanyak 18 tim dari sejumlah Perguruan Tinggi di Indonesia beradu kreativitas dalam lomba robot ini. Kontes dalam rangkaian acara “IT Fest 2012″ ini bisa dikatakan sebagai pemanasan menjelang Kontes Robot Indonesia yang akan digelar bulan Mei mendatang.
Masing-masing tim diberikan kesempatan untuk menurunkan dua robot untuk dilombakan. Dalam lomba ini, robot itu membuat benteng pertahanan dengan mengangkat sejumlah kubus. Pemenangnya akan mendapat predikat The King.
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

Dream Project, Pertanian Modern Jepang Dengan Teknologi Robot

Gempa dan tsunami yang terjadi di Jepang pada bulan Maret 2011 yang lalu di Jepang telah menghancurkan sebagian besar lahan pertanian di sana, khususnya di kota Miyagi yang merupaka salah satu daerah yang paling parah kerusakannya.
Pemerintah Jepang dibawah Departemen Pertanian berencana akan membangun sebuah pertanian masa depan dimana para robot yang akan bertani disana.
Proyek pertanian dengan menggunakan robot tersebut dinamakan “Dream Project”. Pertanian disana nantinya akan menggunakan traktor tanpa awak dan robot untuk menanam sampai memanen.
Teknologi lampu LED akan digunakan untuk menghalau hama dan lainnya yang bisa merusak lahan pertanian sebagai ganti dari pestisida.
Lahan yang akan digarap untuk Dream Project sekitar 242 hektar dan biaya untuk pertanian modern ini akan menghabiskan dana sekitar 4 milyar Yen (sekitar Rp. 500 milyar). Dream Project diperkirakan selesai dalam kurun waktu 6 tahun mendatang.
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

Group Hacker Anonymous Kirimi Pesan Masal Ke Warga Amerika

Group Hacker yang menamakan dirinya Anonymous mengirimkan sebuah pesan masal ke warga Amerika Serikat terkait kasus Undang-Undang SOPA. Seperti dilansir oleh magzgame, group hacker tersebut mengajak warga Amerika untuk bersama-sama menolak SOPA.
Dalam suratnya, Anonymous menyatakan bahwa keadilan dan kebebasan adalah lebih bernilai dari segala-galanya, warga Amerika tidak ingin ada aturan yang terlalu mengikat dan diktator.
Group hacker yang beberapa waktu lalu meretas data milik Stratfor dan meretas kartu kredit untuk sumbangan ini juga mengatakan bahwa SOPA hanya akan merusak dan bukan memberikan manfaat yang besar bagi warga Amerika.
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

Lima Rencana Besar RIM Di Tahun 2012 Dan 2013 Bocor Di Internet

Beberapa rencana RIM ditahun 2012 sampai awal tahun 2013 bocor di internet. Boy Genius, mengungkapkan secara rinci beberapa rencana RIM yang saat ini sedang tertekan oleh beberapa saingannya seperti Samsung dan Apple.
Beberapa rencana RIM yang dikutip dari BoyGenius tersebut antara lain:
  1. Blackberry London dijadwalkan akan dirilis secara resmi pada bulan September
  2. RIM akan memperkenalkan dua smartphone seri Curve terbaru beberapa bulan ke depan. BlackBerry Curve 9230 pada jaringan EDGE dan Curve 9320 pada jaringan HSPA.
  3. Sebuah ponsel QWERTY sliding dengan OS BlackBerry 10 akan dirilis pada Quartal pertama tahun 2013.
  4. RIM akan memperkenalkan tablet PlayBook terbaru dengan prosesor 1.5 GHz, berjaringan HSPA+ 42 Mbps, dan dukungan NFC pada bulan Mei atau Juni.
  5. RIM akan meluncurkan beberapa smartphone Blackberry 10 dalam seri Bold dengan kemampuan layar sentuh dan keyboard QWERTY pada bulan Desember 2012
Itulah beberapa rencana RIM di tahun 2012 dan awal tahun 2013, apakah semua rencananya akan berjalan lancar? Kita lihat saja.
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

Pirate Bay: Tidak Lama Lagi Benda Fisik Bisa Diunduh

Situs Pirate Bay memperkenalkan sebuah kategori baru bernama ‘Physibles’, yang diklaim bisa digunakan untuk mengunduh benda fisik. Pada sebuah postingan di blognya, pihak Pirate Bay menulis bahwa Physibles adalah objek data yang memungkinkan untuk dijadikan dalam bentuk fisik. Dengan kata lain, file-file futuristik tersebut dimaksudkan untuk dicetak melalui 3D Printer. Meski teknologi semacam itu belum ada, namun Pirate Bay percaya bahwa teknologi tersebut akan segera terwujud.
Dengan sedikit diselingi sebuah lelucon, mereka mengatakan bahwa ke depannya, semua orang akan dapat mengunduh dan mencetak sepatu sneaker pesanan sendiri. Kategori Physibles di stius Pirate Bay terdiri dari tiga file yang bisa diunduh. Termasuk data untuk ‘mencetak’ material peluit, robot mini dan miniatur Chevrolet Chevelle 1970.
Pirate Bay percaya bahwa teknologi printing 3D dapat membuat perubahan besar di masyarakat. Bahkan mereka pun sampai berujar bahwa akan tidak ada lagi ongkos pengiriman yang mahal ke seluruh dunia, semuanya dapat dihemat. The Pirate Bay saat ini pun telah menjadi tempat berbagi file terbesar untuk film dan musik. Apabila teknologi printer 3D sudah bisa direalisasikan, maka sudah dapat dipastikan situs ini adalah salah satu situs yang melanggar SOPA.
Sumber: Mashable
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

Tweet Withheld, Sensor Untuk Tweet Di Twitter, Perlukah?

Salah satu fungsi jejaring sosial adalah memungkinkan semua orang bebas berbicara dan mengeluarkan pendapat. Namun, tak jarang banyak yang kebablasan dengan dalih kebebasan tersebut.
Twitter menambah teknologi baru pada situsnya, yang memungkinkan menyensor tweet di negara-negara tertentu.
“Mulai sekarang, kami memiliki kemampuan menahan konten dari dan untuk para pengguna di negara tertentu, namun tetap tidak mengabaikan ketersediaannya bagi pengguna di negara lain,” demikian pengumuman yang disampaikan Twitter melalui blog resminya.
Pada tweet yang disensor, Twitter akan memperlihatkan tulisan ’Tweet Withheld: This tweet from @username has been withheld in: Country’.
Untuk saat ini, Twitter belum menggunakan kemampuan barunya tersebut. Sensor ini akan dilakukan apabila mereka diminta menahan (withhold) sebuah tweet di negara tertentu.
“Kami akan berusaha agar pengguna tahu tweet yang disensor. Dan kami akan menandai dengan jelas apabila ada konten yang ditahan,” ungkap Twitter.
Beberapa saat setelah diumumkan, banyak yang khawatir mengenai kemampuan baru Twitter ini. Sejumlah analis menilai, komitmen Twitter terhadap kebebasan berbicara dan berpendapat bisa melemah jika sensor diberlakukan.
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

Jobs dan Zuckerberg Masuk Daftar Penemu Terbesar Sepanjang Sejarah

Steve Jobs ditempatkan dalam daftar penemu terbesar sepanjang masa, di belakang Thomas Edison, menurut daftar dari Lemelson-MIT Invention Index.
Seperti yang dikutip dari Mashable, data itu datang dari survei terhadap 1.010 warga Amerika berusia 16-25.
Sebesar 52% responden memilih Edison, sementara 24% lainnya memilih Alexander Graham Bell, Marie Curie, Mark Zuckerberg, yang mendapat tiga persen vote suara.
Lalu sekira 40% responden mengatakan bahwa mereka tak dapat membayangkan hidup tanpa smartphone ataupun tablet. Atas hal itulah, mengapa ada responden yang menyebut nama Zuckerberg dan Jobs.
Selain itu, Leigh Estabrooks, Education Officer dari MIT mengatakan bahwa survei tahun ini menunjukkan bahwa kurang dari separuh responden telah melakukan beberapa penemuan, dan ia akan terus mendukung penemuan-penemuan tersebut.
Via Mashable
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

Nokia Dibayar Microsoft 250 Juta Dolar untuk Memakai Windows Phone

Paparan laporan finansial Nokia mengungkapkan fakta menarik. Microsoft disebutkan telah membayar Nokia sebesar 250 juta dolar agar Nokia mengadopsi Windows Phone.
Sebelum ini kedua perusahaan tidak pernah mengungkapkan angka pasti nilai investasi yang dikeluarkan Microsoft kepada Nokia. Namun dengan ungkapan terbaru maka terlihat sedikit gambaran yang diperkirakan akan membuat Nokia menerima subsidi Microsoft hingga miliaran dolar.
Nokia mengatakan dalam paparan hasil finansialnya bahwa kesepakatan strategis Nokia dan Microsoft secara luas memasukkan unsur subsidi dan pembayaran royalti. Microsoft memberikan biaya dukungan platform sementara Nokia membayar royalti software kepada Microsoft. Pihak Nokia juga mengungkapkan bahwa perusahaan tersebut memiliki struktur royalti software yang sangat kompetitif. Ini termasuk komitmen pembayaran royalti minimum.
Kesepakatan Nokia dan Microsoft ini seakan mengisyaratkan bahwa Nokia membayar royalti Windows Phone jauh lebih murah daripada lisensi yang diberikan kepada pelisensi lain seperti HTC dan Samsung. ZTE sebelumnya juga mengisyaratkan bahwa perusahaan tersebut membayar sekitar 27 dolar untuk setiap produk Windows Phone yang dibuatnya. Belum diketahui apakah nilai royalti dari para pelisensi Windows Phone ini memberikan nilai royalti yang lebih besar daripada lisensi paten-paten yang digunakan oleh lebih dari separuh pembuat handset Android yang telah bekerja sama dengan Microsoft.
via: feedbery, slashgear
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

Peneliti Asal Amerika Berhasil Membuat Benda Jadi Tak Kasat Mata


Sekelompok peneliti Amerika Serikat mengaku berhasil ‘menyelimuti’ obyek tiga dimensi (3D) hingga membuatnya menjadi tak kasat mata dari segala sudut. Penelitian tersebut dipimpin oleh Andrea Alu bersama rekannya dari University of Texas di Austin, mereka mempraktekkannya pada sebuah silinder sepanjang 7 inci yang ada di lab-nya menjadi tak kasat mata pada cahaya bergelombang mikro yang diarahkan pada obyek tersebut.
Proses ini sendiri menggunakan kulit yang disebut sebagai bahan plasmonik yang menciptakan ‘negatif foto’ obyek yang sedang diselimuti untuk membuatnya tak kasat mata. Namun, percobaan ini baru bisa dilakukan di gelombang mikro dari spektrum elektromagnetik, bukan cahaya tampak.
Meski teknik ini belum bekerja pada spektrum cahaya tampak, pendekatan ini bisa diterapkan pada mikroskop untuk meningkatkan pandangan pada cahaya dengan panjang gelombang yang lebih kecil lagi.
Via BBC
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

Saturday 21 January 2012

Venus - Prosesor Tercepat Di Dunia Dari Fujitsu

Chip prosesor dari fujitsu ini 2,5 kali lebih cepat dari chip tercepatnya Intel. Dinamakan Venus, prosesor eight core ini mampu menangi 128 miliar proses komputasi per detik.



Walaupun arsitektur 45 nanometernya tidak mengepak komponen - komponennya seketat konfigurasi 32 nanometer terakhir intel, ia berhasil mencapai kecepatan yang memecahkan rekor dunia. Walaupun begitu prosesor "monster" bukanlah untuk pengguna umum seperti kita. Karena prosesor ini ditujukan untuk supercomputer mahal untuk penelitian.

yang menarik adalah bagaimana perusahaan intel agar bisa menandingi CPU tercepat didunia ini.

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

10 Fakta Menarik Tentang Prosesor




1. Lebih panas dari kompor
  • Thermal power loss prosesor modern mencapai 125 watt per cm kuadrat yang kemudian menghasilkan panas. Sementara itu, pelat pemanas kompor listrik cuma berkisar antara 7 dan 10 watt per cm kuadrat.
2. Prosesor Nomor Satu
  • Intel 4004 merupakan mikroprosesor pertama. Prosesor ini dilempar ke pasaran pada tahun 1971 seharga 200dollar dan terdiri dari atas 2.300 transistor. Sebagai perbandingannya, Processor I7 dengan teknologi 45nm yang memiliki 731juta transistor.
3. Satu Milliar Transistor per Kepala
  • Pada tahun 2010, industri semikonduktor dunia akan memproduksi satu milliar transistor untuk setiap penduduk dunia. Menurut data dari Semiconductor Industry Associaton (SIA), pada tahun 2005 angka ini sudah mencapai 90juta transistor per penduduk.
4. CPU buatan Sendiri
  • Seorang Amerika, Steve Chamberlin, membangun sebuah cpu dengan mengguunakan Logic-Module dan sekitar 1.250 kabel untuk proyek "Big Mess of Wires" miliknya. Prosesor buatan sendiri dengan clock sebesar 2 MHz ini merupakan jantung dari sebuah komputer sederhana. Diperlukan 16 untuk menyelesaikannya.
5. Benda Bundar dengan Kelemahan yang mahal.
  • Lantaran bentuknya bundar, seperlima bidang wafer silikon ini tidak dapat digunakan untuk produksi chip. Tidak ada alternative lain yang berbentuk segi empat. Piringan hanya setebal 775 mikrometer ini diiris dari kristal-kristal silikon besar, ditarik dengan sebuah smelter dan bentuknya sudah bundar.
6. Pionir Era Silikon
  • Jack Kilby dinobatkan sebagai Bapak Prosesor. Insinyur dari perusahaan Texas Instrument ini membangun sebuah integrated circuit pertama pada tahun 1958, teridir atas sebuah oscilator pada sebuah pita germanium kecil. Sebagian pionir dalam mikroelektronik, Ia kemudia mendapat hadiah Nobel untuk Fisika pada tahun 2000.
7. Kontak ke Luar Angkasa
  • Dalam Film E.T. (1983), alien membangun sebuah perangkat communicator antarplanet. Core dari perangkat mainan "Speak & Spell" yang digunakan untuk berkomunikasi ini adalah TMC 2081 dari Texas Instrument dan merupakan Voice Synthesier Chip pertama.
8. Venus : CPU tercepat didunia
  • Saat ini, Venus menjadi prosesor tercepet didunia. Prosesor ini merupakan prototype dari Fujitsu yang dapat menyelesaikan 128 operasi komputer per detik. Kemampuan prototype ini kira-kira 2.5 lebih cepet daripada CPU intel terbaru.
9. Error Inside
  • Pada 1994, prosesor pentium muncul di pasaran dan ternyata tidak berfungsi secara normal. Saat proses pembagian, terjadi kesalahan pembulatan (roundoff error) mulai dari 5 angka desimal. Sebagai akibatnya, Intel mengeluarkan uang sebesar 475 juta dollar atas klaim prosesor ini.
10. Kelangkaan Silikon Tidak Terlihat
  • Silikon merupakan unsur kimia yang paling banyak digunakan setelah oksigen. Lantaran baik untuk pertumbuhan tulang, sebaiknya manusia paling tidak mengonsumsi silikon 30mg setiap hari. Menurut Wikipedia, silikon yang baik diperoleh dari bir. ( Tidak disarankan untuk minum bir lho, jgn salah paham ya).
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

Fakta Menarik Tentang Komputer Mulai Pertama


PEMBUAT KOMPUTER PERTAMA DIDUNIA.
Sir Harold Thomas Flower. Dia adalah pembuat Komputer Elektronik pertama di dunia pada tahun 1941 yang bernama Colossus dan digunakan oleh Unit Pemecah Sandi Militer Rahasia Inggris untuk memecahkan kode transmisi radio NAZI.

NAMA KOMPUTER KOMERSIL PERTAMA DIDUNIA.

ENIAC (Electronic Numerator Intregrator Analyzer and Komputer) adalah komputer komersil pertama didunia. Komputer ini beratnya 60,000 pon dan besarnya satu ruangan besar (bisa bayangin kan ???). ENIAC selesai dibuat tahun 1945. ENIAC awalnya dibuat untuk keperluan militer. Komputer ini tidak bisa menyimpan data.

ORANG TERKAYA DIDUNIA KARENA SOFTWARE KOMPUTER.

William Henry Gates atau lebih sering disebut dengan Bill Gates adalah orang terkaya didunia selama 12 tahun terakhir ini (menurut majalah Forbel). Gates adalah pendiri dan ketua perusahaan Microsoft yang bergerak dibidang software. Dia juga pendiri perusahaan Corbis yang bergerak dibidang arsip citra digital.

Saat SD Gates sangat pandai dalam pelajaran Matematika dan IPA. Saat SMU, ia dan temannya yang bernama Paul Allen mendirikan perusahaan Traf-O-Data yang menjual system data aliran lalu lintas pada pemerintah. Dia juga membantu system pembayaran gaji untuk perusahaan Portland.
Tahun 1975, Gates menelpon MITS bahwa ia telah membuat program BASIC untuk Altair 8800 padahal sebenarnya tidak. MITS sangat tertarik dengan program yang ditawarkan olehnya sehingga Gates dan Allen membuat program tersebut dalam waktu 2 bulan dan menjualnya ke MITS. Ia kemudian mendirikan perusahaan Micro-Soft dan memutuskan untuk keluar dari Harvard University. Tahun 1977 Gates pernah dipenjara karena ngebut dijalan. Tahun 1980 IBM memutuskan untuk membuat hardware untuk PC, dan membutuhkan system operasi. Gates membuatkan MS-DOS atau system operasi disk Micro-Soft. MS-DOS laku keras dan membuat perusahaan Micro-Soft yang berakhirnya menjadi Microsoft dan menjadi perusahaan raksasa. Microsoft mengembangkan MS-DOS menjadi Windows. Windows laku keras dan Gates menjadi sangat kaya dengan menjual system operasi Windows. Microsoft punya ribuan paten dan Gates punya 9 paten atas namanya.

ADA SERANGGA DALAM KOMPUTER.
Serangga, atau dalam bahasa Inggris bug, memang bisa saja masuk dalam casing. Tapi yang dimaksud seranggga atau bug bagi komputer bukanlah serangga hidup.
Bug adalah kesalahan atau kegagalan dalam program komputer sehingga tidak berjalan sebagaimana mestinya. Contohnya, saat kita asik main game, tiba-tiba komputer hang atau macet. Bug biasanya terjadi karena kekurang hati-hatian programmer dalam menulis program, bisa juga karena suatu program membutuhkan memori 128 MB dan komputer dengan memori 64 MB dipaksa untuk menyimpan program dengan memori sebanyak itu sehingga terjadi kegagalan karena kekurangan memori.

KOMPUTER BUG PERTAMA.
Bug pertama adalah ngengat. Tahun 1945, Grace Murray Hopper dan timnya sedang bekerja pada komputer kalkulator Relay Aiken Mark II University Hardvard. Lalu komputernya bermasalah. Setelah dicari penyebabnya, ternyata ada lebah pada Relay #70 di panel F. Lebah tersebut kemudian disingkirkan. Sejak saat itu istilah bug digunakan sebagai kerusakan dalam kerja komputer. Istilah menyingkirkan bug tersebut dinamakan debug.

MODEM PERTAMA.
Sekitar tahun 1950an, bagian pertahanan udara Amerika meminta dibuatkan alat untuk mengirim data lewat telepon. Modem komersial pertama dibuat AT&T dan diluncurkan Bell 103 pada tahum 1962 dengan kecepatan 300 bit/ detik. Pada tahun 1996 sudah ada modem dengan kecepatan 56.000 bit/ detik.

GAME KOMPUTER.
1947 dianggap sebagai tahun ketika game pertama kali dimainkan pada tabung CRT. Gamenya masih sederhana, tentang pesawat yang harus menembak suatu sasaran. Saat itu grafis belum bisa digambarkan secara elektronik pada layer CRT. Tahun 1950an, game dengan grafis pertama dibuat yaitu Tic-Tac-Toe. Kebanyakan game komputer awal dibuat oleh Universitas. Tahun 1960an dibuat game Spacewar yang dimainkan oleh dua orang. Ini adalah game pertama yang dijual secara luas dan langsung menjadi game yang paling digemari saat itu.
Kemudian dibuat game yang bisa dimainkan dilayar televisi. Game ini namanya Chase. Oleh pembuatnya kemudian dikembangkan menjadi game yang memuat beberapa permainan. Tahun 1970an dirilis game Odyssey yang merupakan video game pertama. Perusahaan game Atari membuat game pingpong yang laku keras. Kemudian game mulai dibuat portable. Taito membuat game Space Invaders atau game menembak pesawat alien. Ini adalah game pertama yang disebut era keemasan game.

GAME PALING MAHAL.
Ada gameboy yang terbuat dari emas 18 karat dan sekeliling layarnya bertatahkan berlian. Gameboy ini dibuat oleh Aspreys dari London, harganya $25,000.00 USD atau sekitar Rp 225 juta. Ini adalah gameboy termahal yang pernah dijual. PDP-1 yang dijual dengan game Space Wars dan dibuat 1960, harganya $120,000.00 USD yang sekarang setara dengan $760,000.00 atau Rp 6,84 milyar. Ini adalah system game termahal yang pernah dijual.
Game Shenmue dibuat selama 7 tahun sampai tahun 1999 dan biaya pengembangannya lebih dari $20,000.000. Shenmue dibuat untuk Dreamcast oleh Sega. Shenmue adalah game paling realistic yang ada dipasaran saat itu dan merupakan game komputer termahal yang pernah dijual.

MOUSE PAD PALING MAHAL.
Mouse pad atau tatakan mouse digunakan agar permukaan menjadi rata dan mouse komputer bisa bekerja dengan baik. Ada sebuah mouse buatan tangan yang dibuat di Inggris untuk Formula 1 oleh seorang teknisinya. Mouse pad ini terbuat dari fiber karbon padat. Harganya sekitar $489.00 atau sekitar Rp 4.400.000. Ini adalah mouse pad termahal didunia yang pernah dijual.

TOKO KOMPUTER PERTAMA.
Pada bulan juli 1975, Dick Heiser membuka toko komputer pertama yang dinamakan “The Komputer Store” di California. The Komputer Store menjual peralatan komputer, buku dan majalah yang berkaitan dengan komputer.

VIRUS KOMPUTER YANG MENYEBABKAN KERUGIAN TERTINGGI.
Pada tahun 2004 SCO Group Inc. di Colorado terserang DDOS dari virus MyDoom worm. Kerugiannya hingga $38.5 milyar USD atau sekitar Rp.346.5 triliyun. SCO Group menghadiahkan $250,000 atau sekitar Rp 2.25 triliyun untuk menangkap pembuat virus MyDoom.B. Virus lain yang telah diketahui menyebabkan kerugian besar adalah : virus SoBig yang menyebabkan kerugian $37.1 miliar atau Rp 333.9 triliyun, virus Love Bug menyebabkab kerugian $15 miliar atau sekitar Rp 135 triliyun, dan virus Code Red yang menyebabkan kerugian hingga $2 miliar atau sekitar Rp 18 triliyun.

KARAKTER KOMPUTER YANG BIAYA PEMBUATANNYA PALING TINGGI.

Smeagol sang Gollum, adalah salah satu karakter dalam film The Lord of Rings yang dibuat oleh WETA Digital. Dengan lebih dari 200 ekspresi wajah dan 300 gerakan otot, ini adalah karakter computer termahal yang pernah dibuat.

WEB BROWSER PERTAMA.
NCSA Mosaic dibuat oleh Marc Andreesen dari National Centre for Supercomputing Applications pada bulan April 1993 untuk keperluan khusus. Tapi WorldWideWeb yang dibuat Tim Berners-Lee pada bulan Desember 2000 dianggap sebagai web browser pertama karena penggunaannya yang luas. Namanya kemudian diganti jadi Nexus. Pada bulan Oktober 1994, Netscape mengeluarkan versi beta dari Mozilla dan menjadi web browser komersil pertama.

WEB SITE PERTAMA.
Sir Timithy John “Tim” Berners-Lee adalah orang pertma yang menciptakan world wide web pada agustus 1991. situsnya adalah http://nxoc01.cern.ch.

WEB SITE KOMERSIL PERTAMA.
Pada bulan Oktober 1994 HotWired mulai berfikir untuk menerima pemasangan iklan di internet karena internet sekarang sudah digunakan oleh masyarakat luas. AT&T memasang banner 468 x 60 yang dipasang di situs HotWired site. Ini adalah keuntungan pertama dari Internet. Pada tahun 1993 Dale Dougherty meluncurkan Global Network Navigator, yang dibeli AOL tahun 1995, inilah yang dianggap sebagai web site komersil pertama.

WEBCAM PERTAMA KALI DIGUNAKAN.
TAHUN 1991, Paul Jardetzky, Qunetin Stafford-Fraser dan mahasiswa Cambrige University membuat program untuk menampilkan gambar secara on-line.
Pada tahun 1993, web baru tersedia secara luas untuk semua pengguna internet.

SEARCH ENGINE PERTAMA DIPAKAI.
Search engine pertama didesain untuk internet dibuat pada tahun 1993 dengan nama World Wide Web Warderer ( Wadex). WebCrawler, 1994, adalah search engine pertama yang berdasarkan teks seperti search engine yang sekarang.

KOMPUTER YANG BISA MENGALAHKAN GRANDMASTER CATUR.
Deep Blue supercomputer IBM adalah komputer pertama yang berhasil mengalahkan Grandmaster catur, Gary Kasparov, pada tahun 1995 di Philadelhia, Amerika Serikat. Pelajar – pelajar PhD di University Carnegie Mellon, Feng-hsiung Hsu, Murray Campbell dan Thomas Anatharaman menciptakan Deep Blue pada tahun 1985 yang merupakan permainan catur computer yang paling cepat dan terhebat yang pernah dibuat. Computer ini bisa memilih langkah pergerakan buah catur dari beribu – ribu gerakan yang terdapat dalam gudang datanya. Deep Blue juga mampu memperkiraka hingga 200 juta pergerakan dalam waktu satu detik, sungguh hebat bila dibandingkan Kasparov yang hanya mampu memperkirakan 3 pergerakan dalam waktu yang sama. Satu kelebihan pada Deep Blue adalah tidak pernah lupa atau terganggu oleh lawannya.

sumber: http://www.sayakasihtahu.com/2010/05/fakta-menarik-tentang-komputer.html

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

Nike+ FuelBand, Gelang Yang Membantu Penggunanya Tetap Sehat


Jika anda ingin mengontrol kegiatan anda sehari-hari agar tetap sehat, maka Nike+ FuelBand bisa menjadi pilihan anda. Nike+ FuelBand adalah sebuah alat berbentuk gelang yang mampu menghubungkan berbagai aktifitas Anda ke iPhone melalui Bluetooth.
Alat ini memiliki 20 kode warna LED tergantung pada pemenuhan target yang ditetapkan oleh pengguna per hari. Pengguna dapat meng-upload total NikeFuel mereka secara online dan bahkan membaginya dengan teman dan keluarga melalui beberapa media sosial seperti Twitter dan Facebook.
Skor juga dapat digunakan untuk menghasilkan grafik untuk mengukur kinerja secara visual. Yang pelru Anda lakukan adalah menggunakan terus FuelBand di pergelangan tangan, dan melakukan berbagai kegiatan. Semakin banyak aktivitas direkam oleh band, semakin tinggi skor NikeFuel Anda.

Anda pun bisa melakukan sebuah kompetisi dengan rekan kerja atau keluarga anda, karena hasil penilaian FuelBand yang bisa langsung di sebarkan ke berbagai media sosial. Rencananya Nike + FuelBand akan tersedia mulai 22 Februari dengan harga $149.

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

Memakai Headphone Sambil Berjalan Picu Cedera Serius Meningkat Tiga Kali Lipat


Menurut sebuah studi di Amerika Serikat, headphone ternyata membuat cedera serius pada seseorang meningkat tiga kali lipat. Dikutip dari Weborange, studi tersebut mengungkapkan, jumlah orang yang menderita cedera serius saat memakai headphone, untuk gadget meningkat tiga kali lipat selama enam tahun ini.  Para ahli menemukan, kenaikan drastis dalam cedera tersebut ketika memakai headphone sambil berjalan di jalanan, khususnya di kalangan remaja, laki-laki dan pria dewasa.
Kebanyakan korban tersebut adalah laki-laki 68 persen, di bawah usia 30 tahun 67 persen, dengan sekira satu dari 10 pada semua kasus 9 persen di bawah usia 18 tahun. Selain itu 89 persen kasus terjadi di wilayah perkotaan dan lebih dari setengah, sekira 55 persen korban ‘dikagetkan’ oleh kereta api.
Para ahli menyimpulkan bahwa penggunaan headphone dengan perangkat genggam dapat menimbulkan resiko keamanan bagi pejalan kaki, terutama dengan kendaraan bergerak.


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

Tuesday 10 January 2012

Tutup Kloset Saat Tekan Tombol 'Flush'

REPUBLIKA.CO.ID, Saat anda selesai buang air, dan kemudian menakan tombol ‘flush’ (bilas) di kloset toilet, ingatkah posisi anda saat itu, Apakah anda sedang berdiri atau masih duduk di atasnya? Penelitian yang telah dipublikasikan di Journal of Hospital Infection menyatakan, jika anda menekan tombol ‘flush’ dalam keadaan kloset terbuka, itu berbahaya. Bakteri Clostridium difficile, penyebab diare, bisa ikut tersemprot hingga sejauh 25 sentimeter ke atas dudukan kloset jika anda tak menutupnya.
Kepala Bagian Pencegahan dan Pengobatan di Vanderbilt University Medical Center, Dr William Schaffner, menyatakan kini sudah banyak orang yang menutup kloset setelah digunakan. “Namun tak menutupnya saat menekan tombol ‘flush’,” ujarnya, seperti dilansir dari Huffingtonpost, Senin (9/1).
Para peneliti dari Leeds General Infirmary memeriksa suspensi udara bakteri ini di toilet umum rumah sakit setelah digunakan. Mereka juga meneliti permukaan yang terkontaminasi dengan bakteri setelah pembilasan. Mereka menemukan bakteri, saat toilet dibilas tanpa menutupnya, jumlahnya meningkat 12 kali lipat. Namun, jika saat menekan tombol ‘flush’ dan klosetnya ditutup, itu bisa menekan jumlah bakteri yang ada.
Selain di dudukan kloset, bakteri juga akan lebih mudah menyebar pada bagian-bagian toilet yang lain jika tak menutupnya saat menekan tombol ‘flush’. Ahli bakteri dari Universitas Arzina, AS, Dr Charles Gerba, juga menemukan bahwa tisu toilet, handuk, dan lainnya juga penuh dengan bakteri. “Jumlahnya mencapai 150 kali lipat jika tidak ditutup di bagian luar kloset,” ujarnya.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Colorado, bakteri jenis ini juga banyak ditemukan di pintu toilet, sabun, keset, dan bahkan ketika kita sudah melangkah keluar dari toilet.


http://id.she.yahoo.com/tutup-kloset-saat-tekan-tombol-flush-122832226.html


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

Monday 9 January 2012

Ilmuwan Jepang Ciptakan Robot Berbentuk Bola Bisa Terbang Dengan Kecepatan 60Km/jam

Seorang ilmuwan Jepang baru saja menciptakan sebuah alat dengan desain yang revolusioner. Para peneliti yang bekerja untuk departemen pertahanan Jepang tersebut berhasil menciptakan sebuah alat berbentuk bola yang dapat terbang.
Penciptaan robot berbentuk bola tersebut terbilang sangat mutakhir. Robot ini dapat melaju dengan kecepatan 60 km/jam. Robot ini memiliki bobot 350 gram dengan diamter 42 sentimeter.
Biaya penciptaan robot tersebut pun terbilang murah. Hampir sebagian besar bagian-bagiannya terbuat dari barang bekas. Total biaya pembuatannya mencapai 1400 USD atau sekitar 12 juta rupiah.
Ayo kita lihat video robot bola ini beraksi:


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

Setelah RIM, Android Kalahkan iPhone di Eropa

Kehadiran android ternyata bukan hanya ancaman bagi BlackBerry (RIM) saja, namun juga merupakan ancaman serius bagi smartphone canggih besutan Apple, iPhone. Hal ini diketahui berdasarkan riset Worldpanel ComTech yang dilakukan selama 12 minggu.
Hasil Riset tersebut menyebutkan bahwa pangsa pasar iPhone di Amerika Serikat naik menjadi 36 persen dari 25 persen di tahun lalu. Begitu juga untuk pangsa pasar di Inggris yang masih naik dari 21 persen menjadi 31 persen di akhir tahun ini.
Namun, untuk negara di kawasan Eropa seperti Perancis, pangsa pasar iPhone malah anjlok dari 29 persen menjadi 20 persen. Hal yang sama juga dialami di Jerman yang mengalami penurunan pasar dari 27 persen menjadi 20 persen. Di Italia dan Spanyol juga terjadi hal yang sama.
Sedangkan penjualan perangkat Android di Negara Negara tersebut menunjukan perkembangan yang signifikan,  Di Jerman, Android menguasai 61 persen. Samsung Galaxy S II menjadi ponsel pintar terlaris di sana. Bahkan pangsa pasar Android tidak lebih rendah dari 46 persen di negara manapun di seluruh benua.
Disinyalir yang menjadi alasan utama menurunnya penjualan iPhoe di sebagian besar Negara Negara Eropa adalah karena melemahnya kondisi ekonomi disana, Nilai Produk Domestik Bruto zona Eropa hanya tumbuh 0,2 persen di kuartal III-2011.

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

SDK BlackBerry Native versi 2.0 Beta untuk Playbook Telah Dirilis oleh RIM

Research in Motion (RIM) baru saja merilis  SDK BlackBerry Native versi 2.0 beta pertama untuk tablet Playbook. Rilis beta baru ini membawa banyak fitur baru untuk pengembang, termasuk  BlackBerry Services Platform API baru untuk accelerometer, magnetometer, giroskop, perangkat audio, geo-location, navigator, orientasi, layanan pembayaran, sensor, keyboard virtual dan banyak lagi.
Selain itu, BlackBerry Native SDK 2.0 datang dengan Scoreloop rilis SDK 1.0, Beta 1 yang memungkinkan game mobile sosial .
Menurut RIM, teknologi baru ini memungkinkan para pengembang untuk mengintegrasikan fitur sosial game  SDK Scoreloop ke dalam permainan mereka.
Dua profil IDE pengguna baru , QNX Pengembang dan C / C + + Developer (CDT), telah disertakan juga, bersama dengan perbaikan IDE yang meningkatkan kinerja dan kehandalan.
Mereka yang ingin men-download rilis beta BlackBerry asli SDK 2.0 sekarang dapat ke alamat situs pengembang RIM itu di:
https://bdsc.webapps.blackberry.com/native/beta/
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

Google Dikabarkan Akan Buka Source Code Android ICS Ke Publik

Sebuah rumor berkaitan dengan keluaran Google terbaru, Android 4.0 a.k.a Android ice cream sandwich, kini sedang beredar di kalangan pecinta IT. Rumor tersebut mengatakan bahwa Google dalam waktu dekat akan meluncurkan source code Android ICS ke publik.
Adalah pemilik sebuah produsen tablet bernama Rohan Shravan yang menjadi sumber rumor tersebut. Shravan yang merupakan pemilik perusahaan elektronik bernama Notion Ink mengatakan, peluncuran source code tersebut akan dilakukan pada 17 November.
Entah kebetulan atau tidak, namun pada waktu yang sama Samsung juga merilis Galaxy Nexus di Eropa. Seperti diketahui, Galaxy Nexus merupakan ponsel pertama yang akan menggunakan Android 4.0 sebagai sistem operasinya.
Tentunya ini merupakan kabar baik bagi para produsen ponsel dan tablet. Mungkin dengan peluncuran source code ini, bisa saja Android 4.0 datang lebih awal ke Indonesia.
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

Facebook Semakin Rentan Virus, Inilah Cara Menghadapinya


Bagi yang memiliki akun Facebook, mungkin anda pernah mendapat kiriman pesan dari teman anda beruap link dan menyuruh anda untuk mengkik link tersebut. Berhati-hatilah, jika link tersebut mencurigakan, bisa jadi itu adalah sebuah virus.
Dalam laporannya, vendor sekuriti Check Point menyatakan banyak di antara link di facebook yang mengandung virus. Menurut penelitian mereka, sebanyak 20% dari keseluruhan link mengarahkan penggunanya untuk membuka virus.
CheckPoint juga mengungkap berbagai data lain tentang rentannya keamanan di Facebook. Sebanyak 4 juta pengguna Facebook menerima pesan spam setiap hari. Kemudian 600 ribu log in kena hack atau dibajak orang lain.
Untuk mengamakan akun facebook anda, PCMag memberikan memberikan beberapa tips yang nampaknya sangat berguna, yakni.
- Membuat password yang terdiri dari angka, simbol dan huruf, sehinggga tidak mudah diketahui orang lain.
- Tidak menerima permintaan teman yang mencurigakan atau tidak dikenal dengan baik
- Mengawasi apa yang dikirim dan di-share oleh teman Facebook
- Jangan mengklik link yang mencurigakan
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

Hacker Bangun Satelit Sendiri Untuk Hindari Sensor

Peningkatan sensor yang terus bertambah membuat para hacker dunia maya akhirnya memutuskan untuk menempatkan satelit komunikasinya sendiri ke orbit. Dengan cara ini, mereka bisa melakukan aksinya di luar jangkauan sensor.
Ide ini pertama kali diungkapkan oleh aktivis hacker, Nick Farr saat Agustus lalu. Dia mengatakan, bahwa ancaman meningkatnya sensor internet telah memotivasi projek ini. Dan akhirnya proyek inipun dibeberkan pada saat Chaos Communication Congress di Berlin.
Menurut Proyek Armin Bauer yang bekerja di Hackerspace Global Grid, proyek ini memang sangat terkesan ambisius, bahkan dalam jangka panjang, sebuah proyek ruang angkasa hacker yang lebih besar yang nantinya bertujuan untuk menempatkan astronot amatir ke bulan dalam 23 tahun mendatang.
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

Malware Ramnit Curi 45 Ribu Username Dan Password Facebook

Facebook ternyata masih rentan terkena virus, setelah banyaknya virus berupa link, kini sebuah program  malware bernama Ramnit kembali membuat ulah. Malware ini dilaporkan mencuri password dan username milik 45 ribu lebih pengguna Facebook.
Sebagian besar pengguna Facebook yang menjadi korban adalah pengguna Facebook di Prancis dan Inggris. Tidak puas dengan hanya mencuri username dan password Facebook, Ramnit juga dikabarkan telah menginfeksi komputer Windows dan file Microsoft Office serta HTML.
Diduga hacker menggunakan data rahasia yang dicurinya untuk log-in ke akun Facebook korban dan menyebar link jahat ke teman-teman Facebook korban.
Parahnya, jika korban menggunakan username dan password yang sama untuk akun email, situs microbloging atau situs jejaring sosial lainnya, maka semuanya akan terkena virus.


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

Membuat Surat Wasiat Di Facebook Dengan Aplikasi If I Die

Facebook terus berinovasi, kini profil pengguna Facebook yang sudah meninggal pun masih bisa mengirimkan keinginan terakhirnya dengan menggunakan  aplikasi terbaru facebook, If I Die.
Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan pesan terakhir, ketika pemilik akun dipastikan sudah meninggal. Setelah menginstal If I Die dan memilih tiga teman terpercaya di Facebook, pengguna dapat merekam video atau update status di Facebook untuk dipublikasikan setelah meninggal.
Wilook, Perusahaan yang mengembangkan aplikasi If I menyatakan bahwa alasan pembuatan aplikasi ini adalah karena tidak ada yang tahu kapan kematian itu datang, maka dibuatlah aplikasi ini. Mereka mengaku mendapatkan ide untuk aplikasi ini, ketika dua temannya melakukan perjalanan ke Italia dan lolos dari kecelakaan mobil.
Aplikasi ini memungkinkan akun Facebook pengguna yang telah meninggal masih bisa terus aktif memposting pesan, selama pesan tersebut masih ada untuk dikirim.
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

Friday 6 January 2012

Teknologi Informatika Dapat Membantu Angka Kemiskinan

PENDAHULUAN

    Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memberikan kesehatan jasmani dan rohani sampai pada hari ini. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tema dengan judul "Teknologi Informatika Dapat Membantu Angka Kemiskinan". Dengan kemajuan teknologi pada saat ini banyak membantu masyarakat sekitar untuk membantu orang yang kurang mampu dan dapat menekan angka kemiskinan di negri ini. 

    PEMBAHASAN

    Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan merupakan masalah global. Sebagian orang memahami istilah ini secara subyektif dan komparatif, sementara yang lainnya melihatnya dari segi moral dan evaluatif, dan yang lainnya lagi memahaminya dari sudut ilmiah yang telah mapan.
Kemiskinan dipahami dalam berbagai cara. Pemahaman utamanya mencakup:
  • Gambaran kekurangan materi, yang biasanya mencakup kebutuhan pangan sehari-hari, sandang, perumahan, dan pelayanan kesehatan. Kemiskinan dalam arti ini dipahami sebagai situasi kelangkaan barang-barang dan pelayanan dasar.
  • Gambaran tentang kebutuhan sosial, termasuk keterkucilan sosial, ketergantungan, dan ketidakmampuan untuk berpartisipasi dalam masyarakat. Hal ini termasuk pendidikan dan informasi. Keterkucilan sosial biasanya dibedakan dari kemiskinan, karena hal ini mencakup masalah-masalah politik dan moral, dan tidak dibatasi pada bidang ekonomi.
  • Gambaran tentang kurangnya penghasilan dan kekayaan yang memadai. Makna "memadai" di sini sangat berbeda-beda melintasi bagian-bagian politik dan ekonomi di seluruh dunia.

    

Mengukur kemiskinan

   Kemiskinan bisa dikelompokan dalam dua kategori , yaitu Kemiskinan absolut dan Kemiskinan relatif. Kemiskinan absolut mengacu pada satu set standard yang konsisten , tidak terpengaruh oleh waktu dan tempat / negara. Sebuah contoh dari pengukuran absolut adalah persentase dari populasi yang makan dibawah jumlah yg cukup menopang kebutuhan tubuh manusia (kira kira 2000-2500 kalori per hari untuk laki laki dewasa).
    Bank Dunia mendefinisikan Kemiskinan absolut sebagai hidup dg pendapatan dibawah USD $1/hari dan Kemiskinan menengah untuk pendapatan dibawah $2 per hari, dg batasan ini maka diperkiraan pada 2001 1,1 miliar orang didunia mengonsumsi kurang dari $1/hari dan 2,7 miliar orang didunia mengonsumsi kurang dari $2/hari."[1] Proporsi penduduk negara berkembang yang hidup dalam Kemiskinan ekstrem telah turun dari 28% pada 1990 menjadi 21% pada 2001.[1] Melihat pada periode 1981-2001, persentase dari penduduk dunia yang hidup dibawah garis kemiskinan $1 dolar/hari telah berkurang separuh. Tetapi , nilai dari $1 juga mengalami penurunan dalam kurun waktu tersebut.
    Meskipun kemiskinan yang paling parah terdapat di dunia bekembang, ada bukti tentang kehadiran kemiskinan di setiap region. Di negara-negara maju, kondisi ini menghadirkan kaum tuna wisma yang berkelana ke sana kemari dan daerah pinggiran kota dan ghetto yang miskin. Kemiskinan dapat dilihat sebagai kondisi kolektif masyarakat miskin, atau kelompok orang-orang miskin, dan dalam pengertian ini keseluruhan negara kadang-kadang dianggap miskin. Untuk menghindari stigma ini, negara-negara ini biasanya disebut sebagai negara berkembang.

    Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).[1]
    Pengolahan, penyimpanan dan penyebaran vokal, informasi bergambar, teks dan numerik oleh mikroelektronika berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi[2] Istilah dalam pengertian modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel 1958 yang diterbitkan dalam Harvard Business Review, di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar bahwa "teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang didirikan. Kita akan menyebutnya teknologi informasi (TI). ".[3] Beberapa bidang modern dan muncul teknologi informasi adalah generasi berikutnya teknologi web, bioinformatika''Cloud Computing'', sistem informasi global, Skala besar basis pengetahuan dan lain-lain.

Sejarah



   Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi, bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain tetapi itu tidak bertahan secara lama karena Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas.
    Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.
    Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.
    Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radiotelevisikomputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.

Informasi umum


   TI adalah bidang pengelolaan teknologi dan mencakup berbagai bidang yang termasuk tetapi tidak terbatas pada hal-hal seperti proses, perangkat lunak komputersistem informasiperangkat keras komputerbahasa program , dan data konstruksi. Singkatnya, apa yang membuat data, informasi atau pengetahuan yang dirasakan dalam format visual apapun, melalui setiap mekanisme distribusi multimedia, dianggap bagian dari TI. TI menyediakan bisnis dengan empat set layanan inti untuk membantu menjalankan strategi bisnis: proses bisnis otomatisasi, memberikan informasi, menghubungkan dengan pelanggan, dan alat-alat produktivitas.

  TI melakukan berbagai fungsi (TI Disiplin/Kompetensi) dari meng-instal Aplikasi untuk merancang jaringan komputer danDatabase informasi. Beberapa tugas yang TI lakukan mungkin termasuk manajemen data, jaringan, rekayasa perangkat keras komputer, database dan desain perangkat lunak, serta manajemen dan administrasi sistem secara keseluruhan. Teknologi informasi mulai menyebar lebih jauh dari konvensional komputer pribadi dan teknologi jaringan, dan lebih ke dalam integrasi teknologi lain seperti penggunaan ponsel, televisi, mobil, dan banyak lagi, yang meningkatkan permintaan untuk pekerjaan .

    Di masa lalu, para (Dewan Akreditasi untuk Engineering dan Teknologi) dan Asosiasi untuk mesin komputasi telah bekerjasama untuk membentuk akreditasi dan standar kurikulum [4] untuk program degrees di Teknologi Informasi sebagai bidang studi dibandingkan [5] dengan Ilmu Komputer and Sistem Informasi. SIGITE (Special Interest Group for IT Education)[6] adalah kelompok kerja ACM untuk mendefinisikan standar ini. Pendapatan layanan TI di seluruh dunia sebesar $ 763.000.000.000 di tahun 2009.[7]
  Hilbert dan Lopez[8] mengidentifikasi kecepatan eksponensial perubahan teknologi (semacam hukum Moore): mesin 'aplikasi-spesifik untuk menghitung kapasitas informasi per-kapita memiliki sekitar dua kali lipat setiap 14 bulan antara 1986-2007; kapasitas per-kapita di dunia komputer tujuan umum telah dua kali lipat setiap 18 bulan selama dua dekade yang sama, kapasitas telekomunikasi global per-kapita dua kali lipat setiap 34 bulan; kapasitas penyimpanan dunia per kapita yang dibutuhkan sekitar 40 bulan untuk menggandakan (setiap 3 tahun); dan informasi siaran per kapita telah dua kali lipat sekitar setiap 12,3 tahun.[8]

KESIMPULAN

Penyebab kemiskinan


Kemiskinan banyak dihubungkan dengan:

  • penyebab individual, atau patologis, yang melihat kemiskinan sebagai akibat dari perilaku, pilihan, atau kemampuan dari si miskin;
  • penyebab keluarga, yang menghubungkan kemiskinan dengan pendidikan keluarga;
  • penyebab sub-budaya (subcultural), yang menghubungkan kemiskinan dengan kehidupan sehari-hari, dipelajari atau dijalankan dalam lingkungan sekitar;
  • penyebab agensi, yang melihat kemiskinan sebagai akibat dari aksi orang lain, termasuk perang, pemerintah, dan ekonomi;
  • penyebab struktural, yang memberikan alasan bahwa kemiskinan merupakan hasil dari struktur sosial.

Meskipun diterima luas bahwa kemiskinan dan pengangguran adalah sebagai akibat dari kemalasan, namun di Amerika Serikat (negara terkaya per kapita di dunia) misalnya memiliki jutaan masyarakat yang diistilahkan sebagai pekerja miskin; yaitu, orang yang tidak sejahtera atau rencana bantuan publik, namun masih gagal melewati atas garis kemiskinan.

Menghilangkan kemiskinan

    Menghilangkan kemiskinan ada banyak faktor untuk menyelesaikannya. tetapi itu semua sudah umum digunakan di luar. kali ini akan menggunakan cara menghilangkan kemiskinan dengan menggunakan Teknologi Informatika. Dengan cara memberikan materi kepada anak anak jalanan yang tidak tahu arah hidup nya. Basis TI bisa di mengerti oleh semua orang, bukan hanya orang tertentu saja. karena banya sekali orang orang yang sebenarnya tertarik di bidang komputer dan sejenis nya. maka dari itu orang orang akan mempunyai pekerjaan yang jelas, dan mempunya ilmu yang jelas untuk masa depan masing masing orang yang kekurangan materi.

Sumber:

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed